CARA MENJADI HACKER HANDAL BAGI PEMULA PART #1

BY:PAPAHNYA HIMAWARI

CARA MENJADI HACKER HANDAL BAGI PEMULA PART #1

Cara Menjadi Hacker Handal Bagi Pemula
Menjadi seorang Hacker merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Karena, mereka bisa masuk ke dalam sistem komputer dengan cara menggunakan bahasa pemrograman yang menurut kebanyakan orang susah untuk di pelajari. Namun, apakah Anda berniat untuk menjadi seorang Hacker yang handal? Untuk mengenal lebih jauh tentang dunia Hacker, mari kita simak beberapa ulasan di bawah ini.
Hacker adalah seseorang yang bisa melakukan Hacking atau peretasan pada suatu sistem. Seorang hecker bisa memasuki suatu sistem dengan cukup mudah dengan cara menerobos dan bisa menganalisa ataupun memodifikasi suatu sistem tanpa diketahui identitas sang pelaku. Seorang hacker pasti memiliki keahlian lebih dalam progrmaing sehingga bisa menganalisa suatu website ataupun sistem untuk memperbaiki atau mengatasi sisi lemah dari suatu website.
Dalam dunia hacker, kita pasti pernah mendengar kata White Hat dan Black Hat bukan. Itu merupakan julukan untuk hacker yang baik dan buruk. White Hat merupakan hacker bertopi putih dalam artian hacker yang menggunakan keahliannya untuk kebaikan seperti menjaga keamanan suatu sistem, meperbaiki sisi lemah suatu website, dan memperkuat sisitem pertahanan suatu website.
Sedangkan, Black Hat merupakan hacker bertopi hitam dalam artian Hacker yang menggunakan keahliannya untuk kejahatan seperti membobol kartu kredit, masuk kedalam sebuah sistem dengan tujuan mencuri, dan kejahatan lain yang berhubungan dengan kejahatan di dunia internet. Hacker Black Hat juga bermain dalam berbagai peran seperti memodifikasi aplikasi dan menyembunyikan virus seperti malwarespywaredan selain itu di era sekarang ini lebih banyak hacker yang bermain aman melalui adware yang kemungkinan tidak akan terjerat hukum serius.

Belajar Otodidak Cara Menjadi Hacker Profesional :

Untuk menjadi seorang Hacker yang handal, Anda harus bisa menguasai beberapa hal yang akan saya ulas di bawah ini.

Pengertian Bahasa Pemrograman : Jenis, Fungsi Dan Contoh
1. Kode Programing

Kode Programing merupakan salah satu item wajib yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang Hacker. Di sisni, Anda harus mengenal, memahami, dan menghafal beberapa bahasa pemrograman dalam bentuk kode. Bahasa pemrograman bisa anda pelajari dengan cara mendalami PHP< Javascript, C++, dan lain sebagainya, selain itu hacker juga setidaknya harus paham HTML dan CSS untuk bisa menguasai dan memahami dasar struktur dalam dunia website.
Untuk mempelajarinya, Anda bisa mencari tutorialnya di google dan sudah sangat lengkap sekali, sehingga tidak perlu khawatir ada bahasa pemrograman yang terlewat untuk di pelajari. Namun, belajar bahasa pemrograman tidak semudah membalikan telapak tangan. Seseorang akan bisa menguasainya jika di lakukan secara serius dan dengan semangat yang tinggi.

2. Software

Software atau perangkat lunak berperan penting jika Anda ingin belajar dalam dunia pemrograman. Seorang hacker harus tahu cara memperbaiki sistem yang terkena gangguan dan bisa memberi solusi serta bisa memperbaikinya. Beberpa perangkat lunak yang harus Anda pelajari agar bisa menjadi seorang hacker yang handal adalah Linux, FreeBSD, Windows, dan masih banyak yang lainnya.
Banyak sekali Artikel yang membaha tentang belajar memahami sebuah perangkat lunak yang pastinya bisa mempermudah Anda dalam belajar mengenai sebuah software. Memahami perintah yang digunakan dalam CMD Windows ataupun Terminal Console Linux merupakan hal dasar yang harus dimengerti oleh seorang hacker. Bagi anda yang ingin belajar hacking, setidaknya anda harus paham penggunaan aplikasi seperti wireshark yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sniffing dengan mencuri password user melalui jaringan wifi. Dengan memahami cara penggunaannya maka setidaknya anda akan memiliki pengetahuan untuk bisa menghindarinya dari serangan hacker lainnya. Namun ingat jika sudah paham ilmunya jangan sekali kali gunakan untuk aktifitas yang merugikan orang lain sehingga bisa membuat anda terjerat hukum yang berlaku.

3. Jaringan dalam Sistem Komputer

Jaringan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk di pelajari. Mempelajari jaringan dalam sistem komputer berguna untuk mempermudah Anda dalam mengkonfigurasi suatu jaringan sehingga bisa dengan lancar untuk mengubah alam IP, masuk kedalam HTTPS, dan masih banyak yang lainnya.
Untuk mempelajari tentang sebuah jaringan, Anda bisa belajar tentang HTTPS, IP/TCP, FTPsdan lain sebagainya.

4. Hardware Computer

Hardware merupakan perangkat keras yang cukup rentan terhadap kerusakan. Dengan mempelajari apa itu hardware, di harapkan Anda bisa memperbaiki kerusakan jika sewaktu – waktu bermasalah. Dengan mempelajari hardwere, setidaknya jika komputer milik Anda sendiri memiliki masalah tertentu, tidak usah di bawa ke tukang service dan bisa memperbaikinya sendiri sehingga bisa menghemat pengeluaran uang.
Mungkin untuk sebagian orang mengira Hacker tidak perlu mempelajari hardware, hal ini adalah pernyataan yang salah. Hardware perlu dipelajari karena jika karusakan sepele terjadi pada hardware terjadi di komputernya dan menyimpulkan hal tersebut adalah serangan virus dari hacker lain hal tersebut tentunya akan sangat memalukan, karena kemungkinan kerusakan terjadi disebabkan karena kualitas atau usia hardware pada komputer yang perlu diganti. Tidak jarang hacker juga harus memodifikasi hardware untuk mendapatkan fasilitas yang digunakan dalam aksi peretasan.
 Ok guys belajar nya sampai disini dulu ya. nanti gue buat part II nya. see you next time :)

Komentar